nusakini.com - Jakarta - Satpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, membersihkan saluran Jalan Minangkabau, Kelurahan Pasar Manggis. Selain banyaknya sampah, saluran tersebut juga tersumbat limbah dari usaha makanan warga sekitar.

Kasatpel SDA Kecamatan Setiabudi, Agus Bowo Leksono mengatakan, pembersihan dilakukan sepanjang 50 meter dengan lebar saluran air satu meter. Petugas pun harus membongkar lebih dahulu beton penutup saluran untuk menemukan titik yang tersumbat.

"Disaat dibongkar penyebabnya adalah sampah dan lemak yang sudah mengeras dari salah satu usaha katering di sini," ujarnya

Ia pun telah berkoordinasi dengan pihak kelurahan terkait hal tersebut, agar mendapatkan solusi serta telah memberikan rekomendasi terkait hal tersebut. "Kami juga telah memberikan rekomendasi ke pihak kelurahan," imbuhnya.

Sementara itu Lurah Pasar Manggis Hilman, mengaku telah menegur pemilik usaha untuk bisa mencari solusi pembuangan limbah makanan. "Mereka mau bekerjasama, kami bahkan sudah menegur langsung pemilik, untuk lebih memperhatikan saluran IPAL-nya. Rencananya kita juga akan berkoordinasi dengan PD PAL, dan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta," tandasnya.(pr/kj/al)